Jumat, 26 Juli 2019

RAM / Random Access Memory PC

RAM / Random Access Memory

Hello guys, kali ini gw mau bahas tentang RAM pada PC/Komputer atau Desktop yang kalian sering pakai.

Tapi sebelumnya jangan lupa bookmark http://abdurrazzaqmaulana.blogspot.com biar kalian bs dapet update terbaru dari blog gw.

Ok, Sekarang kita langsung aja Bahas RAM atau Random Access Memory.

Baik untuk mengupgrade PC ataupun menyusun PC yang untuk yang cepat sangat bergantung pada komponen PC yang kamu pilih. Tapi, apakah RAM sama pentingnya dengan prosesor atau kartu grafis? Bagaimana cara memilih RAM terbaik? Mari kita menghilangkan kebingungan kamu tentang hal ini.
RAM menentukan batasan banyak tugas yang dapat ditangani sekaligus oleh PC. Menggunakan RAM dengan kapasitas besar tidak membuat kecepatan PC menjadi lebih cepat. Setelah kamu memiliki cukup RAM untuk keperluan, sisa kapasitas RAM tidak akan merubah hasil ataupun kecepatan pengerjaan. Menggunakan RAM dalam kapasitas besar seperti RAM 32GB hanya pada saat kamu menggunakan banyak pekerjaan seperti puluhan tab browser yang terbuka sekaligus + program latar belakang yang berjalan, dan bermain game pada saat yang bersamaan. Ingat kualitas RAM tidak kalah pentingnya dengan kuantitas RAM!
RAM Adalah
RAM adalah singkatan untuk “Random Access Memory”. RAM berfungsi untuk memungkinkan kamu melakukan banyak tugas di PC baik itu menyangkut dengan video game, hiburan, dan kapasitas peralatan Anda. Ini berarti PC digunakan untuk menjalankan beberapa program sekaligus. Untuk lebih memahami fungsi RAM, silahkan baca terus artikel kami di bawah ini yang mengulas lebih detail mengenai RAM.
RAM berfungsi sebagai jalan penyalur cache CPU dan memori sementara perintah-perintah yang sedang dilakukan. Misalnya kamu sedang membuka Office Word dengan keperluan RAM sebesar 50MB. Itu artinya, untuk menjalankan dan membuat Office Word tetap terbuka, membutuhkan kapasitas memori RAM sebesar 50MB. Jika kapasitas RAM tidak mencukupi, maka kinerja komputer akan menjadi lebih berat, karena harus menghapus sebagian memori yang sebenarnya sedang digunakan, untuk digunakan kembali, nah ribet kan?
RAM sendiri tidak digunakan sebagai penyimpanan permanen, namun digunakan untuk menyimpan sementara bagian-bagian kerja OS dan data yang aktif digunakan.
Kamu tidak perlu membuang seluruh budget kamu untuk RAM, karena hal yang kamu dapatkan dari RAM bukanlah kecepatan. Sehingga untuk mendapatkan kecepatan PC yang baik kamu dapat lebih memperhatikan ke bagian komponen lainnya.

APA ITU DDR?

Kamu pastinya sudah sering mendengar nama dari DDR pada RAM kamu. Banyak yang tidak tahu apa itu DDR dan yang mana pilihan yang tepat. Nah, DDR adalah singkatan untuk Double Data Rate (artinya adalah bahwa dua transfer terjadi per siklus clock). RAM DDR3 tidak akan kompatibel dengan motherboard yang hanya mendukung DDR2.
Untungnya, setiap jenis memiliki potongan takik yang berbeda pada pin, yang berarti kalian tidak dapat secara fisik mendorong RAM ke dalam slot yang berbeda, hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan. DDR4 adalah jenis RAM terbaru dan berkapasitas terbesar yang memberikan tegangan operasi terendah dan tingkat transfer tertinggi di pasar saat ini.
Sedangkan jenis DDR dan DDR2 adalah jenis ram paling lawas. Jenis RAM DDR3 masih banyak digunakan karena masih diproduksi sampai beberapa tahun yang lalu. Namun pada berbagai merek PC dan laptop yang hadir di pasaran saat ini, sudah beralih ke seri terbaru jenis DDR4 dan DDR5 yang memastikan kecepatan lebih tinggi dengan harga yang tidak jauh berbeda.
Walaupun begitu, dengan banyaknya komputer yang masih menggunakan slot RAM jenis DDR3, pasar penjualan jenis RAM ini tidak bisa hilang begitu saja. Terlebih jika kamu tidak menggunakan komputer untuk proses komputasi yang berat, sebenarnya jenis RAM DDR3 sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu sehari-hari.
Transisi dari DDR3 ke DDR4 dan DDR5 menjadi lambat karena slot yang berbeda ini. Karena itu, jika kamu ingin mengupgrade RAM ke tipe terbaru, maka motherboard kamu juga harus ikut diganti dengan tipe terbaru yang menerima slot DDR4 dan DDR5.

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PEMILIHAN RAM

Sebelum membeli RAM untuk mengupgrade PC kamu, ada banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan. Yang pertama dan yang terpenting adalah kamu perlu memeriksa lebih dulu apakah sistem PC kamu memungkinkan untuk upgrade RAM. Seperti ada tidaknya slot tambahan untuk menambah lebih banyak RAM. Rugi saja apabila kamu sudah membeli RAM tetapi tidak ada slot tambahan untuk memasangnya. Cek kembali spesifikasi motherboard yang kamu miliki agar pembelian RAM mu tidak sia-sia. Selain itu ada banyak lain yang perlu diperhatikan sebelum kalian membeli RAM, diantaranya adalah sebagai berikut.

UNTUK PC ATAU LAPTOP

RAM untuk PC dan laptop itu berbedaRAM untuk PC dan RAM untuk Laptop itu jauh berbeda. Sehingga kamu harus memastikan lebih dulu tipe RAM yang akan kamu beli. Hal ini dapat dilihat dari ukuran RAM tersebut. Yang mana ukuran RAM untuk PC umumnya lebih panjang daripada RAM yang digunakan pada laptop.


SISTEM OPERASI (OS) YANG DIGUNAKAN

Selanjutnya kamu perlu memeriksa versi Windows apa yang kamu gunakan. Meskipun sebagian besar Windows sudah menggunakan versi 64 bit, masih banyak sistem yang berjalan pada 32 bit. Jika kamu menjalankan edisi 32 bit Windows, maka maksimal kapasitas RAM yang bisa kamu pasang di perangkat komputer kamu sampai 4GB RAM saja.
Lain halnya jika kamu menggunakan OS edisi 64 bit maka kamu bisa meningkatkan kapasitas RAM sampai 16,8 juta TB. Ya nilainya sebenarnya tidak terbatas. Makanya banyak dari pemilik Windows versi 32 bit yang mengupgrade software operasi mereka ke versi 64-bit karena keterbatasan maksimum RAM pada 32 bit. Dimana banyak kasus masih kurang jika kamu ingin mengoperasikan software-software multimedia terbaru saat ini.

KAPASITAS RAM YANG DIPERLUKAN

Kapasitas RAM
Disarankan untuk memasang minimal 4 GB RAM di PC kamu. Hal ini dikarenakan mayoritas software yang ada dipasaran juga mulai menambahkan banyak aksesoris multimedia dimana memakan banyak memori, hal ini didukung oleh harga RAM yang memang sudah jauh lebih murah dibandingkan beberapa tahun yang lalu.
Bahkan dengan kapasitas 4GB RAM, kamu belum tentu mampu menjalankan kebanyakan aplikasi desain maupun games karena peningkatan spek minimal yang semakin hari menjadi lebih tinggi. Namun jika kamu hanya ingin menggunakan RAM untuk kebutuhan sehari-hari seperti browsing dan office ringan, maka 4GB adalah spek minimal yang harus kamu punya.

KECEPATAN RAM

Kecepatan RAM sendiri tidak terlalu berpengaruh seperti yang sudah kita singgung sebelumnya. Karena memang RAM sendiri dirancang untuk memiliki kecepatan yang tinggi demi menghasilkan proses komputasi yang mulus. Namun hal ini berbeda jika kamu melakukan banyak proses komputasi yang menghabiskan banyak memori dalam waktu singkat, contohnya rendering.
Dalam proses rendering, prosesor akan bekerja dalam kapasitas maksimal tanpa berhenti yang menerjemahkannya ke dalam visual dan perintah RAM, sehingga kecepatan RAM sendiri sangat berpengaruh agar semua proses perintah yang dijalankan prosesor dapat diterjemahkan semuanya dalam bentuk visual (VRAM) dan memori internal (RAM) sebelum kamu lakukan perintah selanjutnya seperti mengedit gambar/video, kecerahan, kontras, edit, copy, dan sebagainya.

PAGING FILE

Ada istilah paging files dimana merupakan memori yang digunakan sistem untuk menjalankan program di komputer kamu. Paging files ini bisa berupa harddisk yang kamu miliki, namun hasilnya, proses komputasi menjadi lebih lambat karena kemampuan baca dan tulis dari harddisk kamu pastinya sangat rendah, lain halnya jika kamu menggunakan SSD. Namun kami tidak merekomendasikan penggunaan SSD sebagai RAM, karena bisa berpengaruh kepada kecepatan komputer secara keseluruhan.
Perbandingan paging files yang umum adalah 1 berbanding 1,5. Contohnya kamu memiliki kapasitas RAM sebesar 2GB, maka paging files yang direkomendasikan sebesar 3GB. Namun jika kamu memiliki kapasitas RAM yang mumpuni mulai dari 4GB, kami merekomendasikan untuk menggunakan perbandingan 1 : 1. Jadi harddisk kamu juga tidak digunakan sebagai memori sementara, sehingga semua tanggung jawab memori ada pada RAM dan hasilnya proses komputasi menjadi lebih cepat.
Cara mengecek paging file yaitu dengan cara menekan tombol Windows + R untuk mengaktifkan perintah Run, kemudian mengisi ‘dxdiag’ untuk melihat Page File dalam tab Informasi Sistem. Untuk mengubah nominal page file, kamu bisa membuka Control Panel + System and Security + System, kemudian masuk ke Advance System Setting panel yang bisa diakses di sebelah kiri, dan kamu bisa masuk ke tab Advance lalu Setting untuk mengubah setelan paging files sesuai dengan perbandingan yang kamu butuhkan.

MERK RAM

Merk juga memiliki peran krusial karena menjamin umur pakai dan peak performa yang lebih lama. Contohnya saja merk Corsair yang terkenal secara Internasional, memastikan kamu mendapatkan performa tinggi selama bertahun-tahun. Namun pastinya merek ini menawarkan produk-produk yang jauh lebih mahal ketimbang produk-produk lain dengan performa yang lebih rendah.
Di Indonesia sendiri merk RAM yang populer adalah V-Gen dan Kingston, karena selain harga yang murah, kamu sudah bisa menggunakan produk mereka untuk tingkat komputasi menengah ke atas.

DUAL ATAU SINGLE RAM

Penggunaan lebih dari satu slot RAM selalu direkomendasikan karena akan memaksimalkan kecepatan komputasi komputer kamu sampai dengan dua kali lipat. Asumsikan saja kamu memiliki kecepatan RAM sebesar 1500 MHz. Dengan dual RAM, kamu bisa melakukan proses komputasi selayaknya memiliki RAM dengan kecepatan 3000 MHz.
Hal ini disebabkan processor mampu memberikan perintah kerja secara bersamaan ke masing-masing RAM secara terpisah walaupun sebenarnya kecepatan 2 kali tersebut tidak akurat karena setiap perintah yang kamu jalankan tidak bisa terpisah. Contohnya saja saat kamu membuka Office dan memutar lagu, masing-masing bisa mengerjakan perintah yang berbeda, namun tidak bisa membagi memori antar setiap program.

KESIMPULAN

Nah, setelah melihat ke-10 Merk RAM terbaik di Indonesia 2019 pastinya kamu sudah mendapatkan gambaran RAM mana yang ingin kamu pilih. Untuk kamu yang ingin mengupgrade PC agar lebih baik saat memainkan game, kamu dapat memilih RAM khusus yang didesain untuk hal itu seperti merk RAM Corsair dan G Skill. Kedua merk RAM ini memiliki kelebihan masing-masing yang membuat game yang kamu mainkan menjadi lebih baik. Tentu saja kedua RAM ini memiliki harga yang sangat mahal jika dibandingkan dengan kebanyakan RAM dengan kapasitas yang sama.
Jika kamu yang ingin RAM untuk menambah multitask saja, kamu dapat memilih RAM dengan merk V-Gen ataupun Kingston. Kedua merk ini sudah terkenal di Indonesia, karena harganya yang terjangkau. Walaupun begitu jika untuk penggunaan sehari-hari, kecepatan RAM ini tidak terlalu berpengaruh, lain halnya jika kamu menggunakan RAM ini untuk aktifitas yang berat seperti desain grafis dan games.

Yang perlu kamu ingat kembali adalah jenis DDR dan motherboard yang sesuai, slot yang tersedia di PC/laptop kamu dan juga jenis laptop dan PC dimana menggunakan ukuran RAM yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar