Selasa, 30 Juli 2019

Budaya adalah

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.



Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian budaya menurut beberapa ahli :

1. Definisi Budaya Menurut E.B Taylor 

Budaya merupakan komples yang mencakup pengetahuan kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan lain kemampuan-kemampuan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

2. Definisi Budaya Menurut Koentjaraningrat

Menurut Koentjaningrat kata budaya berasal dari kata “colere” kemudian “culture” yang diartikan sebagai segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan mengubah alam.

3. Definisi Budaya Menurut Linton

Budaya merupakan keseluruhan sikap dan pola perilaku serta pengetahuan yang merupakan suatu kebiasaan yang diwariskan dan dimilik oleh suatu anggota masyarakat tertentu.

5. Definisi Budaya Menurut Effat Al-Syarqawi

Beliau mendefinisikan bahwa pengertian budaya dari pandangan agama islam adalah khzanah sejarah sekelompok masyarakat yang tercermin di dalam kesaksian dan berbagai nilai yang menggariskan bahwa suatu kehidupan harus memiliki makna dan tujuan rohaniah.

6. Definisi Budaya Menurut Jensen dan Trenholm

 Budaya merupakan seperangkat norma, nilai, adat istiadat, kepercayaan, aturan, dan juga kode. Yang jika dilihat secara sosial mengartikan kelompok-kelompok tertentu, kemudian mengikat mereka satu dengan yang lainnya serta memberikan mereka kesadaran bersama.

7. Definisi Budaya Menurut Ki Hajar Dewantara


Budaya merupakan hasil perjuangan masyarakat terhadap zaman dan alam. Perjuangan ini membuktikan kejayaan dan kemakmuran hidup masyarakat dalam menghadapi kesulitan dan rintangan untuk dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan dalam hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar