Sabtu, 17 Agustus 2019

Tulang Paha Dinosaurus Raksasa Ditemukan di Prancis

Tulang Paha Dinosaurus Raksasa Ditemukan di Prancis

AKURAT.CO, Para peneliti menyambut penemuan tulang paha seekor dinosaurus raksasa yang digali pekan ini di Prancis. Penggalian itu dianggap sebagai penemuan besar bagi ilmu pengetahuan. Tulang itu ditemukan di laporan tentang tanah liat awal pekan ini.
Tulang paha sepanjang dua meter itu ditemukan oleh palaeontologis Prancis di lokasi penggalian area barat daya negara itu. Di sana terdapat sisa-sisa beberapa binatang terbesar yang pernah hidup di bumi dan sedang digali dalam beberapa tahun terakhir.

Tulang di lokasi Angeac-Charente itu diduga milik seekor sauropod, dinosaurus pemakan tanaman dengan leher dan ekor panjang yang banyak terdapat di era terakhir Jurasik, lebih dari 140 juta tahun silam. Satu tulang panggul besar juga ditemukan di dekatnya.
“Ini penemuan besar. Saya takjub oleh kondisi baik pada tulang paha itu. Ini binatang yang mungkin berbobot 40 hingga 50 ton,” papar Ronan Allain, palaeontologis di Museum Sejarah Natural Nasional Paris pada Reuters.
Allain menjelaskan, selain dari ukuran tulang, kondisi tulang yang masih utuh juga luar biasa.
“Kita bisa melihat bagian otot, tendon, dan luka. Ini jarang untuk potongan besar yang biasa akan rusak dan pecah,” kata dia.
Para peneliti di lokasi dekat Kota Cognac itu telah menemukan lebih dari 7.500 fosil dari lebih 40 spesies berbeda sejak 2010 menurut Allain. Dia juga menyatakan ini merupakan salah satu penemuan terbesar dari sejenisnya di Eropa.[]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar