Jumat, 06 September 2019

Waspada! Ternyata Nasi Sisa Bisa Jadi Racun Ganas Kalo Kamu Ngelakuin Hal Ini

Waspada! Ternyata Nasi Sisa Bisa Jadi Racun Ganas Kalo Kamu Ngelakuin Hal Ini

Keepo.me | 1 year ago

Wajib hati-hati nih!

Bagi orang Indonesia, nasi adalah makanan pokok. Wajar aja kalo tiap harinya masing-masing rumah masak nasi. Kadang nasi yang dimasak tuh masih tersisa. Kamu pasti pernah dong ngalamin momen kayak gitu. Setelah semua orang di rumah udah makan, eh nasinya masih banyak. Akhirnya disimpan lagi buat nanti atau besok. Kalo momen itu sering terjadi, kamu harus mulai waspada nih. Nasi yang nggak habis dalam sekali makan ternyata bisa jadi penyakit loh. 

Baca juga Hindari 7 Makanan Ini Biar Bau Badanmu Nggak Bikin Orang Pingsan

Via TreeHugger
Nasi sisa bakal jadi racun kalo disimpan dan dimasak dengan cara yang nggak bener. Beras mengandung Bacilus cereus. Ini adalah bateri yang menyebabkan kamu jadi keracunan makanan. Nah, bakteri itu kadangmasih bisa bertahan walaupun udah dimasak. Saat nasi yang udah masak ternyata tersisa dan simpan di suhu ruangan dalam waktu yang cukup lama, bakteri bakal tumbuh. Yups... bakteri itu bakal berkembangbiak sampai berkali-kali lipat dan menjadi racun yang bikin kamu sakit perut.
Via My Health Maven
Tiap harinya ada ratusan ribu kasus yang dilaporkan terjadi karena kasus Bacillus cereus. Biar hal itu nggak terjadi sama kamu, usahain buat selalu makan nasi yang baru dimasak. Selain itu, ada baiknya juga buat masak nasi secukupnya dan langsung dihabisin. Dengan gitu, semua bakal lebih aman. Kalo terpaksa ada nasi sisa, pastikan kamu memanaskannya dulu sebelum memakan. Seberapa lama proses pemanasannya? Pokoknya sampai udah bener-bener panas dan memastikan bakterinya udah mati. 

Baca juga 6 Posisi Tidur Ini Dijamin Bisa Bikin Kamu Langsung Tidur Nyenyak, Nggak Pake Lama

Agak repot? Nggak apa-apalah demi kesehatan. Lebih baik kan mencegah daripada mengobati. Mendingan susah-susah di depan tapi aman kemudian, daripada enak di depan tapi masuk rumah sakit kemudian. Amit-amit daah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar